RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan
Pendidikan : SMP Diponegoro Depok
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/1
Pertemuan
: 1,2,3 dan 4
Alokasi Waktu : 8 x 45
menit
I.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
perkembangan Islam pada masa
Dinasti Abbasiyah
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menjelaskan sejarah Dinasti Abbasiyah
1.1.2. Menyebutkan proses terbentuknya Dinasti Abbasiyah
1.1.3. Menampilkan tokoh
tokoh yang berperan dalam sejarah
berdirinya Dinasti Abbasiyah
1.1.4. Mengidentifikasi
faktor pendukung sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pelajaran tentang sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah dengan
metode ceramah, tanya jawab,
diskusi
dan strategi really getting acquinted, guided teaching dan true or false siswa dapat:
a.
Menjelaskan sejarah berdirinya Dinasti
Abbasiyah
b.
Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Dinasti Abbasiyah
c.
Menampilkan tokoh
tokoh yang berperan dalam berdirinya Dinasti
Abbasiyah
d.
Mengidentifikasi
faktor pendukung berdirinya Dinasti Abbasiyah
V.
Materi
Ajar/ Materi Pembelajaran
Sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
Cakupan materi:
1. Sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
2. Proses terbentuknya sejarah Bani
Abbasiyah
3. Tokoh tokoh yang berperan dalam
sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
4. Faktor pendukung sejarah
berdirinya Bani Abbasiyah
5.
Nilai-nilai
yang dapat diambil dari Berdirinya Dinasti Abbasiyah
Nilai karakter yang dapat dikembangkan:
o
Demokratis
o
Religious
o
Jujur
VI.
Pendekatan/
Metode/ Strategi
Pendekatan: Rasional,
Etis, Sebagai Mapel
Sejarah
Strategi : really getting
acquinted, guided teaching dan true or false
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa menjawab salam
yang disampaikan oleh guru
- Siswa berdoa
bersama-sama dengan tenang
- Guru membangkitkan motivasi siswa dengan permainan “really getting acquinted”
Peraturan permainan : peserta didik dibagi menjadi 3
kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 2-3 anggota. Setiap kelompok diberi waktu 2 menit untuk saling mengenal
dan mengobrol.
-
Peserta
didik menjawab pre test yang diberikan oleh guru tentang sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah
-
Peserta didik mendapat gambaran mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan kali ini.
- peserta didik
mendengarkan penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
kegiatan Inti
Strategi guided teaching
Eksplorasi
·
Masing-masing kelompok diberi daftar pertanyaan oleh guru
Elaborasi
·
Masing-masing kelompok berdiskusi dan mencari
jawaban pertanyaan yang ditulis dalam lembar hvs dengan menulis poin-poinnya
·
Semua kelompok menyampaikan poin-poin jawaban
·
Guru mencatat poin-poin tersebut sambil
memberikan penjelasan yang lebih lengkap dibantu oleh respon/gagasan dari
peserta didik
Konfirmasi
Konfirmasi
· Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi peserta didik untuk
meluruskan kesimpulan-kesimpulan diskusi yang kurang tepat.
· Peserta didik dipersilahkan untuk
mengajukan pertanyaan
c.
Kegiatan
Penutup
Kegiatan
|
Strategi
|
Setiap kelompok mendengarkan dengan cermat
pernyataan soal benar atau
salah yang diajukan oleh guru
|
True or false
|
Peserta didik yang terlebih dahulu mengangkat tangannya dan benar dalam
menjawab diberi skor atas nama
kelompoknya.
|
|
Peserta didik bersama guru menghitung skor
yang diperoleh setiap kelompok.
|
·
Peserta Dididk mendengarkan kesimpulan
materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·
Guru menginformasikan materi
pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·
Guru memberikan tugas individu kepada
peserta didik
·
Peserta didik bersama guru menutup
pembelajaran dengan mengucap hamdalah dan diakhiri salam
VIII. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
- Test tertulis
- Test lisan
b.Bentuk:
- Essay
- Daftar pertanyaan
IX. Sumber/ Media
A. Sumber
Belajar
-
H. Darsono dan T Ibrahim, Tonggak
Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah; Berdasarkan
Standar Isi MTs tahun 2008, (Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009) hlm
3-9
- Makhrus As’ad, Sejarah Kebudayaan Islam
Ayo Mengenal SKI, 2008, (
Jakarta: Erlangga)
- Papan tulis
- LCD Proyektor
- Netbook
- Lembar tes tertulis
Mengetahui
Kepala Madrasah
Guru Mata Pelajaran SKI
Lusi Fatmawati Najia Mabrura
NIP.
1993503 20120607 002 1 NIM 10410099
blog yang sangat bagus,, dan artikel yang sangat bermanfaat
BalasHapusSaya suka, bolehkah di share?
BalasHapus